Kembali ke Uzone News Portal

icon-category Games

Cara Bermain Mobile Legends di PC

  • 29 Sep 2022 WIB
  • Bagikan :
    Mobile Legends

    Uzone.id - Mobile Legends kini menjadi salah satu game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) mobile yang sedang populer. Gameplay lima versus lima ini memang menarik untuk dimainkan, Mobile Legends menghadirkan pertarungan sengit dengan kekuatan magis yang dimiliki masing-masing hero.

    Sapuan grafis yang halus dan detail pada karakter hero seolah hero tersebut memang memiliki latar belakang, entah itu berlatar belakang suram, kelam, kuat, atau membahagiakan. Pengembang game ini tampaknya serius membuat karakter yang tertanam kuat di benak player.

    Jika diperhatikan, alur game ini seolah membawa kita ke dalam kisah nyata hero yang kita gunakan saat bermain.

    Itulah mengapa Mobile Legends masih memiliki jumlah penggemar yang bersaing dengan PUBG maupun FreeFire.

    Apalagi saat ini, FreeFire mengalami beberapa penurunan dari penggunanya. Menariknya game Mobile Legend ini sebagian besar berlatar dark sehingga kita seakan bertarung di dunia yang penuh misteri.

    Sistem rank dalam Mobile Legends itu tidak main-main, sulit untuk naik rank jika skill kalian cuma rata-rata bisa main saja. Tidak jarang banyak para player yang memanfaatkan jasa joki mobile legends untuk menaikkan rank.

    Sebenarnya untuk cepat naik rank itu dengan skill rata-rata pun bisa, hanya saja kebanyakan player tidak mau lama, karena akan menghabiskan waktu berjam-jam di depan ponsel.

    Game Mobile Legends sayangnya hanya dihadirkan pada perangkat mobile seperti tablet dan smartphone. Inilah strategi pemasaran yang sangat bagus, dimana pengembang game ini melihat meningkatnya pengguna smartphone. Namun, bukan berarti anda tidak bisa memainkan di PC atau laptop.

    Saat ini aplikasi berbasis android sudah dapat dinikmati di PC atau laptop, tentu dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang populer disebut emulator.

    Emulator sendiri jika dilihat dari Wikipedia, adalah program atau peranti lunak yang dibuat pada awalnya oleh suatu sistem komputer (arsitektur dan sistem operasi) dan untuk dijalankan dalam sistem itu (atau dijalankan dalam suatu sistem yang didedikasikan), dapat dijalankan dalam sistem komputer yang sama sekali berbeda.

    Emulator diartikan sebagai alat atau program yang memungkinkan satu sistem untuk memperbaiki sistem lainnya.

    Emulator bekerja harus memiliki ROM dan Disk Image, karena ROM dan Disk Image inilah yang merupakan game sesungguhnya. Analoginya adalah emulator adalah console game, ROM dan Disk Image adalah cartridge game, jadi console Nintendo tanpa game tidaklah ada gunanya.

    ROM dan Disk Image sering dipakai dan dianggap sama. Sebenarnya ROM adalah copy dari cartridge game, sedangkan Disk Image adalah copy dari disket atau CD. Jadi, copy dari game Nintendo adalah ROM dan copy dari game Apple adalah Disk Image.

    Ukuran (size) suatu ROM berbeda-beda tergantung sistem yang di-emulasikan, biasanya berkisar antara 1kB hingga 50MB. Kadang-kadang ROM terdiri dari beberapa file yang merupakan suatu kesatuan. ROM ini harus di-load melalui emulator untuk dapat dimainkan, jadi ROM tidak dapat dijalankan seperti halnya program .EXE.

    Bermain Mobile Legend di laptop atau PC dapat anda lakukan dengan terlebih dahulu menginstall emulator android di komputer. Penjelasan berikutnya adalah beberapa aplikasi emulator untuk bermain game di PC

    1. Blue Stack

    Bluestack adalah emulator yang memiliki popularitas terbaik diantara gamers, banyak gamers yang menjalankan game androidnya pada perangkat komputer atau laptop yang berbasis windows. Selain itu, bluestack juga digunakan oleh android  developer untuk uji coba project aplikasi yang sedang dikerjakan. 

    Namun, pada awalnya Bluestack diluncurkan pada tahun 2011 dan memiliki fokus pada perluasan batasan game di smartphone. Bluestack juga memiliki beberapa keunggulan, diantaranya:

    Aplikasi Blue Stack dapat dijalankan secara multi tasking

    Bluestack dapat dijalankan secara multitasking dengan menambahkan fitur multitasking dan dapat diuji dengan fitur Multi - instance BlueStack. Bluestack akan sangat memungkinkan penggunanya untuk menggunakan satu aplikasi dan berpindah ke aplikasi lain dalam satu komputer.

    Memiliki interface yang intuitif

    Jika kita menjalankan aplikasi android dalam perangkat lain seperti windows. kita akan susah untuk menjangkau layar tertentu.

    Tetapi di dalam bluestack, user akan dimanjakan dengan fitur interface yang intuitif sehingga user akan nyaman dalam penggunaanya. user juga dapat membuat skema kontrol custom untuk mengunci fungsi didalamnya. selain itu opsi lainnya yaitu pengaturan lanjutan yang berfungsi sebagai penyesuai agar lebih terperinci.

    Memiliki fitur Eco Mode

    Fitur eco mode adalah salah satu fitur terbaik bluestack untuk mengurangi penggunaan GPU. Jika fitur ini diaktifkan, maka penggunaan GPU akan melakukan penurunan sekitar 97% dan penggunan CPU menurun menjadi 87%. Jadi dengan fitur eco mode akan memberikan optimalisasi konsumsi sumber daya pada penggunaan Bluestack dengan menggunakan fitur manajer multi instant.

    Dengan mempertahankan rendahnya FPS, maka konsumsi sumber daya juga akan semakin berkurang. 

    NOX Player

    Bagi para gamers, Nox sangat disarankan untuk dipergunakan sebagai aplikasi bermain game-game yang ada di Android. Emulator Android lain yang juga bagus untuk gaming yaitu Koplayer dan Bluestacks. Masing-masing emulator memiliki kelebihannya sendiri-sendiri.

    Di Nox pada saat memasuki permainan, bisa dilakukan key mapping dengan menggunakan fitur  Keyboard Control (shortcut-nya Ctrl + 1).

    Berarti tombol-tombol analog yang ada di game bisa di setting agar bisa menggunakan tombol-tombol keyboard ataupun mouse sebagai tombol alternatif. Jadi para pemain bisa dengan bebas menentukan tombol-tombol yang digunakan agar lebih nyaman dalam bermain.

    Beberapa fitur Nox yang lain :

    1. Add APK file untuk memasang atau install APK.
    2. Video recorder untuk merekam segala aktifitas pada NOX dalam bentuk video.
    3. Check for update untuk memeriksa apakah ada pembaharuan versi pada Nox.
    4. Screenshot untuk mengambil gambar dari tampilan yang ada di Nox.
    5. Fullscreen untuk merubah tampilan Nox player menjadi sebesar ukuran monitor.
    6. Increase dan Decrease volume, 2 tombol pengatur suara untuk menaikkan dan menurunkan suara.
    7. Rotate untuk merubah tampilan Nox yang biasanya memanjang dari kiri ke kanan (posisi yang sering digunakan untuk bermain game) menjadi berdiri.
    8. Multi-instance manager untuk membuka Nox player baru. Biasanya hal ini digunakan jika Anda mempunyai akun lebih dari satu tetapi ingin membukanya di waktu yang bersamaan.

     

    Setelah mendownload salah satu emulator diatas, barulah bisa bermain mobile legends di PC ataupun di laptop. Dasar permainannya tidak berbeda dengan yang di android, hanya saja ada beberapa penyesuaian controller, dimana PC atau Laptop menggunakan keyboard dan mouse. Mengatur penyesuaian controller dapat dilakukan pada emulator yang anda gunakan.

    Selebihnya cara memainkannya sama dengan yang ada di android, mungkin hanya perlu pembiasaan diri, dimana pada saat di Android anda hanya serasa menyentuhnya,akan tetapi pada PC atau laptop anda benar-benar menekan tombol keyboard atau mouse anda.

    Jika kesulitan bermain di PC, silakan anda menggunakan jasa joki ML untuk memainkan gameplay anda hingga rank tertinggi. Akan tetapi, penulis menyarankan agar anda tetap bermain sendiri, sehingga skill anda dalam bermain terus meningkat. Yuk Push Rank!.

     

     

     

     

     

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini