Kembali ke Uzone News Portal

icon-category Games

Daftar Game di Cabang eSports SEA Games 2023, FF dan FIFA Online Absen

Ilustrasi PUBG Mobile (Foto: Onur Binay/Unsplash)

Uzone.id - eSports kembali dimasukkan sebagai salah satu cabang olahraga pada SEA Games 2023 yang diselenggarakan di Kamboja pada Mei 2023 mendatang. Total ada 9 cabang game eSports yang dipertandingkan di SEA Games 2023. Ada apa saja?

Seluruh cabang eSports di kompetisi olahraga se-ASEAN itu terdiri atas kategori game PC dan mobile atau smartphone. Sementara untuk kategori konsol yang sebelumnya ada di SEA Games 2022, ditiadakan.

Di kategori game PC, SEA Games 2023 di Kamboja akan mempertandingkan game AK2 Online, Valorant, dan juga CrossFire. Semuanya merupakan game dengan genre FPS atau first person shooter.

Sementara itu, untuk kategori game smartphone, Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) tetap menjadi salah satu game wajib. Kemudian ada PUBG Mobile (solo dan tim), serta League of Legends: Wild Rift.

Baca juga: Bangga! Indonesia Juara Umum Piala Dunia eSports 2022

Berikut daftar lengkap cabang game eSports di SEA Games 2023 yang diselenggarakan di Kamboja pada Mei 2023 nanti:

  • AK2 Online - Pria
  • AK2 Online - Wanita
  • Valorant - Pria
  • CrossFire - Pria
  • PUBG Mobile - Solo
  • PUBG Mobile - Squad
  • Mobile Legends - Pria
  • Mobile Legends - Wanita
  • League of Legends: Wild Rift - Pria

Dibandingkan tahun sebelumnya, Garena Free Fire, League of Legends: Wild Rift untuk para pro player wanita, serta FIFA Online tak lagi disertakan sebagai cabang eSports di SEA Games 2023 ini. 

Timnas eSports Indonesia target borong emas di SEA Games 2023

Head Coach tim nasional eSports Indonesia, Yohannes P. Siagian

Dari 9 cabang yang dipertandingkan, Indonesia hanya menurunkan atlet di 5 cabang saja. Indonesia diwakilkan oleh tim Mobile Legends untuk putra dan putri, PUBG Mobile untuk kategori solo dan skuad, serta cabang kelima yang masih belum ditentukan.

Menurut Head Coach tim nasional eSports Indonesia, Yohannes P. Siagian, ia percaya diri Indonesia mampu memborong 5 emas di SEA Games 2023. Malah untuk Mobile Legends dan PUBG Mobile, kesempatan Indonesia untuk mendulang emas terbuka lebar.

Baca juga: Target eSports Indonesia Berikutnya, Borong Emas di SEA Games 2023

“Jadi di SEA Games sekarang ada 9 cabang, tapi setiap negara kecuali tuan rumah, hanya boleh mengirimkan 5 cabang saja. Target kita semuanya emas, karena chance sangat kuat di Mobile Legends, PUBG Mobile dan cabang kelima ini belum ditentukan,” terang Yohannes, saat pelepasan atlet yang bertanding di 14th World Esports Championship di Bali.

“Ada cabang lainnya yang akan ditentukan, seperti AK2, Wild Rift, dan CrossFire, dan harapan kita tentunya 5 emas,” pungkas sang pelatih.

Beli voucher games yang mudah dan murah di uzone store

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini