Kembali ke Uzone News Portal

icon-category Games

Daftar Mod Game Stray, Bisa Ubah Kucing jadi Garfield

Gameplay dari Stray (Foto: Nexus Mod)

Uzone.id - Game Stray menarik perhatian para gamer dunia setelah perilisan perdananya untuk konsol PlayStation 4, PS 5 hingga PC. Gimana enggak, game buatan BlueTwelve Studio itu membuat gamer berperan sebagai seekor kucing oranye yang terpisah dari teman-temannya dan harus survive di lingkungan baru yang penuh misteri.

Perspektif seekor kucing membuatnya terlihat berbeda dari game-game pada umumnya. Gamer seakan bisa melihat dunia melalui mata kucing, sembari bersikap seperti hewan tersebut, seperti meloncat, garuk-garuk, serta tingkah lucu dan menggemaskan lainnya.

Misi utama dari kucing oranye ini sungguh sederhana sebenarnya, yaitu melarikan diri dari kota lama yang telah terlupakan. Namun, untuk kabur dari lingkungan ini sangatlah tak mudah. Gamer harus mengatasi ancaman yang tak terduga, memecahkan misteri dan menghindari droid atau robot dan makhluk yang berbahaya.

Hanya saja, ada kekurangan dari game Stray (dalam sudut pandang subjektif) yang cukup membingungkan. Karakter utama kucing di Stray tak bisa diubah warnanya, cuma oranye saja. Padahal, karakter NPC kucing jalanan yang nongol di game punya warna yang bervariasi.

Ternyata, ada alasan mengapa kucing liar tanpa nama ini cuma tampil dengan warna oranye tanpa pilihan warna lainnya. Menurut produser BlueTwelve Studio, Swann Martin-Raget, alasannya lantaran keterbatasan produksi dan pembenaran naratif.

Baca juga: 5 Cara Biar Menang di Game 'Stumble Guys'

“Itu sebenarnya adalah perdebatan sengit di tim,” katanya, seperti dikutip dari Kotaku.

“Kami adalah tim kecil, dan dari segi produksi, cukup sulit untuk memiliki sesuatu yang benar-benar berada pada tingkat kualitas yang kami inginkan. Tapi juga, ceritanya cukup penting bagi kami. Jadi kami ingin dia dikenali dan unik dalam permainan,” jelasnya.

Memang, karakter utama di game Stray mudah dikenali gegara warnanya yang cukup mencolok. Apalagi, kucing oranye seringkali terlihat di dunia nyata, baik itu kucing rumahan ataupun liar.

Daftar mod game Stray

Kalau kalian main game Stray dan mungkin ingin mengubah warna kucingnya, ada beberapa mod yang bisa kalian pakai dan download melalui situs Nexus Mod. Mod ini cuma berfungsi untuk PC saja, dan tidak berlaku untuk konsol PlayStation 4 dan PS 5. Berikut daftarnya dan link download-nya:

Baca juga: 20 Game PC Terbaik di Steam Tahun 2022

  • One Mod yang dibuat oleh modder bernama Vivi, membuat kalian dapat mengubah warna kucing menjadi abu atau hitam.
  • Modder SpaceDolphin juga merilis mod untuk membuat kucing tanpa nama di Stray memiliki warna yang lebih variatif.
  • Ini yang unik, Narwhix menerbitkan mod yang membuat sang kucing terlihat seperti Garfield. Bahkan, warna tasnya juga bisa diubah lho!
  • Mod dari NorskPL membuat kucing bisa berubah warna menjadi ungu atau hitam dengan kumis berwarna putih.
  • GrimTech’s PatrickJr mengeluarkan satu mod yang memberikan warna putih dengan aksen oranye, kebalikan dari kucing Stray.
  • Mod lainnya dari Sirgalahad172 merilis warna cokelat, merah, putih, hitam-putih, putih dan abu-abu dan Siam dengan mata biru.

Semua mod ini bisa kalian download melalui situs Nexus Mod. Cuma, semua harus kalian lakukan dengan risiko ditanggung sendiri ya!

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini