Kembali ke Uzone News Portal

icon-category Games

Jokowi Siapkan Perpres Dukung Industri Game Indonesia

Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko saat menghadiri acara

Uzone.id - Game menjadi bidang yang bakal menjadi fokus pengembangan pemerintah Indonesia ke depannya. Diungkapkan Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko, Presiden Joko Widodo sedang menyiapkan Peraturan Presiden (perpres) untuk memberikan dukungan terhadap anak-anak muda, khususnya di industri game.

Moeldoko mengatakan, “Saya berbicara kepada Pak Presiden kalau industri eSports punya kemampuan yang tidak terlihat, menyebabkan kecenderungan perbankan sulit mengucurkan dana.”

“Sekarang lagi dibuat perpres tentang bagaimana dukungan terhadap anak-anak muda, khususnya pada industri game,” jelasnya, usai ia menghadiri acara “Indonesia Digital Talent Day 2022” yang diselenggarakan Huawei Indonesia di Jakarta, Selasa (6/12).

Baca juga: Cara Nonton Live Streaming World Esports Championship 2022

eSports, salah satu indikator suksesnya transformasi digital

Ia mengungkapkan, eSports merupakan salah satu bidang dimana anak-anak muda Indonesia dikenal dunia. Bukan cuma itu saja, industri game di tanah air pun berkembang pesat, terbukti dengan dijadikannya game-game lokal menjadi salah satu cabang dalam kompetisi yang prestisius.

“Contoh dilihat dari eSports, ternyata banyak anak-anak muda Indonesia menjadi pemain eSport yang sudah kelas dunia,” terang Moeldoko.

Ia menilai, majunya industri game menjadi indikator kalau sektor digital di Indonesia pun tak ketinggalan dengan negara lainnya.

Berbicara soal perkembangan eSports, Indonesia saat ini menjadi tuan rumah dari kejuaraan eSports kelas dunia, IESF 14th World Esports Championship 2022 yang digelar di Nusa Dua, Bali. Kompetisi prestisius itu diadakan sejak 2 Desember hingga 11 Desember 2022 mendatang. 

Ada enam cabang game yang dipertandingkan, mulai dari Counter Strike: Global Offensive (CS:GO), PUBG Mobile, Mobile Legends: Bang-Bang, eFootball 2023, Dota 2 dan Tekken 7.

Baca juga: 600 Pro Player Siap Bertanding di World Esport Championship 2022

Kompetisi ini diikuti setidaknya oleh 106 negara dengan lebih dari 600 peserta yang mengikutinya. Hal inipun mendapatkan apresiasi dari IESF, khususnya sang presiden, Vlad Marinescu.

Menurutnya, World Esport Championship 2022 menjadi salah satu bukti bahwa ekosistem eSport di Indonesia kian berkembang dan tertata dengan baik. Ia pun berharap, Indonesia mampu menjadi pusat eSport dunia ke depannya. 

Beli voucher games yang mudah dan murah di uzone store

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini