Kembali ke Uzone News Portal

icon-category Games

Kenapa Orang Indonesia Lebih Suka Main Game di Ponsel dibanding PC?

  • 20 Jul 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Onur Binay/Unsplash

    Uzone.id - Sektor game di Indonesia menunjukkan tren yang sangat menjanjikan, apalagi kini tren esports menjadi salah satu yang sedang didorong perkembangannya oleh pemerintah.

    Menurut laporan Peta Ekosistem Industri Game Indonesia yang dikeluarkan oleh Kominfo bersama Niko Partners, pemain game di Indonesia pada tahun 2021 mencapai lebih dari 170 juta orang dan diprediksi akan terus naik pada tahun 2025.

    Kominfo mencatat kalau pemain game Indonesia didominasi oleh oleh pemain game mobile dengan pengguna mencapai 121,7 juta pada tahun 2021, sedangkan pemain game komputer berada di angka 53,4 juta.

    Di tahun 2025 mendatang, pemain game Indonesia diprediksi akan terus naik dengan perkiraan pemain game mobile 133,8 juta orang dan pemain game PC sekitar 58,3 juta orang.

    Pandemi COVID-19 akan berdampak pada laju pertumbuhan game PC dan mobile di Indonesia, termasuk pada industri warnet. Di sisi lain, banyak yang lebih suka memainkan game mobile dibandingkan game PC, apa alasannya?

    Dampak lain yang mempengaruhi pertumbuhan game mobile dibanding game PC adalah semakin murah dan mudahnya akses terhadap ponsel pintar. Game-game mobile yang semakin marak juga makin digemari oleh para pemain game di Indonesia, sebut saja game populer seperti Mobile Legends, Free Fire, Genshin Impact dan lainnya yang kini banyak dimainkan gamer Indonesia.

    Tak hanya itu, game-game yang dapat dimainkan di ponsel juga memiliki fitur menarik dengan range menengah ke bawah sehingga game mobile lebih banyak dijangkau oleh pemain-pemain game baru.

    Baca juga: 1,5 Miliar Tweet soal Game Berseliweran, Siapa Paling Populer?

    Jaringan internet di Indonesia yang didominasi oleh jaringan seluler juga mendorong peningkatan game mobile dibandingkan game PC.

    Platform populer untuk bermain game diantaranya Smartphone sebanyak 84,3 persen, komputer atau desktop sebanyak 43 persen, laptop 20,3 persen, tablet 14,8 persen, konsol 9,5 persen dan terakhir ada gaming box sebesar 1 persen.

    Popularitas game mobile di Indonesia tentunya tak lepas dari tantangan yang muncul bagi pemain game Indonesia. Walaupun banyak smartphone terjangkau yang memiliki kinerja untuk bermain game mobile, salah satu tantangan utama bagi para pemain game adalah mahalnya harga ponsel khusus gaming.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini