Kembali ke Uzone News Portal

icon-category Games

Razer Edge 5G, Konsol untuk Main Game Android dan PC Sekaligus

Uzone.id - Nintendo Switch disenggol dari berbagai sisi. Setelah eksistensinya diganggu oleh Steam Deck, giliran Razer menghadirkan konsol game handheld bernama Razer Edge 5G yang siap bersaing dengan Nintendo Switch.

Razer Edge 5G merupakan konsol game handheld pertama di dunia yang didukung oleh jaringan 5G. Konektivitas generasi kelima ini dihadirkan agar para pemainnya dapat bermain game favorit melalui layanan streaming cloud seperti Xbox Game Pass.

Di sinilah kelebihan Razer Edge 5G ketimbang Nintendo Switch. Sementara konsol Nintendo tersebut selalu mengandalkan game mereknya sendiri, Razer Edge 5G muncul dengan memanfaatkan kekuatan dari cloud gaming yang membuat para gamer lebih bersemangat.

Razer memang sudah populer di kalangan para gamer, apalagi gamer mobile. Beberapa tahun lalu, perusahaan asal San Diego, Amerika Serikat itu pernah meluncurkan smartphone gaming bernama Razer Phone.

Baca juga: Intip Konsol Handheld dari Logitech, Gamer Pasti Ngiler

Spesifikasi Razer Edge 5G

Konsol handheld ini sebenarnya layar disebut sebagai ‘tablet gaming mini’. Ukuran layarnya lumayan besar, 6,8 inci berjenis AMOLED dengan resolusi Full HD+.

Aspek rasionya memanjang dengan refresh rate 144Hz dan touch sampling 288Hz. Seperti Nintendo Switch, di kiri dan kanan layar bisa dipasangkan controller Razer Kishi V2 Pro dengan layout ala joystick di Xbox. 

Tombol-tombolnya lengkap, bikin gamer bahagia. Terdapat tombol yang bisa diprogram, analog yang lengkap dan micro-switch yang presisi.

Namun yang terpenting dari Razer Edge 5G adalah dapur pacunya. Konsol ini menjadi perangkat game handheld 5G pertama di dunia yang dilengkapi prosesor Snapdragon G3x Gen 1.

Qualcomm dalam keterangan resmi yang diterima Uzone.id pada Senin (17/10) menyatakan, platform ini dibuat untuk menghadirkan grafis dan kinerja per-watt yang baik, sehingga para gamer tidak perlu berkompromi dalam sesi permainan yang panjang. 

Prosesor ini juga didukung Snapdragon Elite Gaming memberikan interaksi yang mulus, respon yang sangat cepat, dan grafik ultra-realistis dengan detail sinematik.

Baca juga: 5 Game Gratis Android dengan Grafis Terbaik, Kualitasnya Mirip Konsol!

Prosesor ini dipadukan dengan RAM 8 GB, memori penyimpanan 128 GB dan baterai dengan kapasitas 5.000 mAh. Razer Edge 5G juga sudah berjalan di Android 12 yang dirancang khusus agar mendukung cloud gaming.

Para gamer memang dapat bermain ribuan game Android di Google Play Store maupun Epic Games. Namun, Razer juga menghadirkan aplikasi cloud gaming seperti Nvidia GeForce Now, Xbox Game Pass, Steam hingga Amazon Luna ke dalam konsol Edge 5G.

Hal inilah yang membuatnya lebih menarik dari Nintendo Switch bahkan Steam Deck sekalipun. Ketika konsol lain fokus dalam satu platform saja, Razer Edge 5G bisa bermain ‘game hybrid’ antara Android hingga PC melalui cloud gaming.

“Sejak awal, Razer Edge akan memiliki ribuan game AAA yang kompatibel dengan perangkat, baik itu game native Android dan launcher yang di pra-instal seperti Epic Games, layanan streaming cloud seperti Xbox Game Pass atau pilihan permainan jarak jauh, yang menawarkan akses penuh ke perpustakaan PC,” jelas Qualcomm.

Baca juga: Cara Bermain Mobile Legends di PC

Agar jalannya permainan lebih lancar, Razer Edge 5G menawarkan konektivitas kuat dengan antena terbaik di kelasnya, memberikan gamer kesempatan untuk merasakan game dengan latensi hampir nol dengan Verizon 5G mmWave saat bepergian atau dengan koneksi Wi-Fi 6E kuat di rumah dengan FastConnect 6900.

“Menghadirkan kecepatan super dan latensi berkelanjutan yang sangat rendah, FastConnect 6900 adalah platform Wi-Fi dan platform Bluetooth premium untuk menghadirkan keunggulan tertinggi,” klaim perusahaan semikonduktor asal AS ini.

Untuk saat ini, cuma model WiFi saja yang diumumkan harganya. Razer Edge 5G untuk model ini dijual USD399 atau setara Rp6,1 jutaan. Sementara untuk model 5G belum diumumkan Razer hingga beberapa bulan ke depan.

Beli voucher games yang mudah dan murah di uzone store

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini