Kembali ke Uzone News Portal

icon-category Games

Tes Gaming Samsung Galaxy M53 5G: Kinerja Oke, PUBG Stabil di 60 FPS

Samsung Galaxy M53 5G (Foto: Muhammad Faisal/Uzone.id)

Uzone.id - Bila smartphone dibanderol dengan harga Rp6 jutaan ke atas, ekspektasi pengguna tentu akan sangat tinggi, salah satunya untuk urusan main game. Samsung Galaxy M53 5G adalah smartphone yang baru-baru ini kami coba, dan kami begitu antusias untuk melakukan tes gaming terhadap ponsel 5G dengan harga Rp6 jutaan itu.

Samsung Galaxy M53 5G dijual dengan harga yang tak murah bagi sebagian besar masyarakat Indonesia yang masih mengedepankan “spesifikasi kencang, dengan harga yang terjangkau”. Di situs resminya, smartphone 5G itu dipasarkan dengan harga Rp6.299.000.

Di atas kertas, Samsung Galaxy M53 5G mengandalkan spesifikasi yang bikin kami mengernyitkan dahi. Kok bisa-bisanya Samsung memberikan dapur pacu yang lumrah ditemukan pada smartphone Rp3 jutaan?

Smartphone tersebut ditenagai oleh prosesor MediaTek Dimensity 900 5G yang dibuat dengan arsitektur 6nm. SoC (system on chip) dengan clock-speed tertinggi 2,4 GHz itu dipadukan dengan RAM LPDDR4x 8 GB dan memori penyimpanan berjenis UFS 2.2 dengan kapasitas 256 GB yang masih bisa diperluas dengan microSD.

Dari pengujian internal yang kami lakukan, kinerjanya kurang lebih sama dengan Samsung Galaxy M33 5G bertenaga Exynos 1280. Dari benchmark yang kami coba dengan aplikasi AnTuTu versi 9, ponsel terbaru Samsung ini mencatatkan skor 464 ribuan poin.

Baca juga: Compare Samsung Galaxy M33 5G vs M53 5G

Dari review gaming Samsung Galaxy M33 5G yang sebelumnya dibuat, kami cukup puas dengan kinerjanya. Lantas, bagaimana dengan performa gaming Samsung Galaxy M53 5G? Berikut ulasan lengkapnya.

Tes Gaming Samsung Galaxy M53 5G

Dalam menguji kemampuan gaming Samsung Galaxy M53 5G, kami memainkan 4 game beda kualitas grafis dan genre, yaitu Stumble Guys, Real Racing 3, PUBG Mobile, dan Marvel Future Revolution.

Saat bermain, kami juga menetapkan refresh rate 120Hz Adaptive. Seluruh game juga kami masukkan ke dalam daftar Game Booster agar game dapat berjalan dengan lebih baik.

Berbicara soal Game Booster, fitur gaming di smartphone ini membawa perbedaan signifikan dibanding saudaranya Galaxy M33 5G. Game Booster ponsel tersebut mendukung pula Game Plugins, sehingga membebaskan pengguna untuk menambah fitur tambahan yang bisa diunduh via Galaxy Store.

Game Plugins dapat diakses ketika game sudah berjalan. Munculkan tombol virtual di bawah atas samping kanan saat bermain game landscape, tekan tombol berbentuk joystick, lalu tekan tombol dengan ikon seperti puzzle pada menu popup yang tampil di layar.

Game Booster di Samsung Galaxy M53 5G

Jangan lupa untuk login ke Samsung Account terlebih dahulu sebelum melakukan download. Jika sudah, bakal tampil banyak fitur tambahan yang berguna untuk menambah experience gaming kalian.

Kami sarankan untuk download fitur Perf Z untuk menghadirkan FPS counter dan Aim Assist yang berguna banget buat kalian yang suka main game FPS atau battle royale seperti PUBG Mobile.

Baca juga: Tes Gaming Samsung Galaxy M33 5G

Sisanya, adalah fitur-fitur “biasa saja”, seperti untuk membuat animasi GIF dari potongan aksi kalian di game hingga pengingat waktu bermain game.

Game Plugins di Samsung Galaxy M53 5G

Game pertama yang kami coba di Samsung Galaxy M53 5G adalah Stumble Guys. Game online Android yang lagi viral ini punya gameplay seperti Fall Guys di konsol dan PC.

Menakjubkan. Satu kata pas buat Galaxy M53 5G yang dapat menampilkan game Stumble Guys di refresh rate tertinggi 120Hz pada layarnya yang berjenis Super AMOLED Plus 6,7 inci beresolusi Full HD+.

Game ini bisa dimainkan di 120 FPS! Lancar banget memainkan game yang sarat akan persaingan untuk masuk ke zona aman demi melaju ke babak yang selanjutnya.

Refresh rate dan FPS tertinggi tetap bisa diaplikasikan pada game AAA sekelas Real Racing 3. Asyik banget bermain game balap dengan grafis tinggi itu pada 120 FPS. Pergerakan mobil saat menikung dan overtake lawan begitu mulus. Tak ada kendala yang kami temui saat kami bermain game buatan EA ini.

Real Racing 3

Tes gaming naik level dengan main dua game yang lebih berat lagi, PUBG Mobile dan Marvel Future Revolution. Untuk PUBG mobile, grafis Smooth-Extreme atau HDR-Ultra bisa diterapkan di Samsung Galaxy M53 5G.

Hebatnya, ponsel ini dapat menampilkan PUBG Mobile pada 60 FPS! Namun untuk pengaturan HDR-Ultra, frame rate cenderung naik turun di rentang 45 FPS hingga 60 FPS tergantung kondisi.

Selain itu, smartphone pun terasa hangat di bodi belakangnya. Kendati begitu, suhunya masih terasa normal dan tak terlalu mengganggu jalannya permainan.

Beda cerita saat kami mencoba Marvel Future Revolution. Samsung Galaxy M53 5G cukup kerepotan. Cukup sulit menyentuh 30 FPS, padahal grafis yang kami tetapkan sudah mengikuti rekomendasi sistem dari game.

Marvel Future Revolution

Ketika berada di area dengan banyak objek dan monster, frame rate yang anjlok juga sering terjadi walau tak terlalu parah. Frame rate terendahnya menyentuh 23 FPS saja.

Secara overall, Samsung Galaxy M53 5G memang sudah mampu untuk menjalankan game dengan lancar. Apalagi, game ditampilkan pada panel Super AMOLED Plus yang menyuguhkan kualitas warna dan detail yang sangat baik.

Baca juga: Tes Baterai Samsung Galaxy M33 5G

Tak cukup, beberapa game yang kami mainkan juga berada di frame rate tertinggi 120 FPS yang amat sangat mulus. Meski begitu, ada beberapa kekurangan yang kami rasakan saat melakukan review gaming Samsung Galaxy M53 5G.

Kekurangan paling kentara adalah belum mampunya ponsel untuk menjalankan game AAA dengan grafis yang kompleks secara maksimal. Permainan berat dengan grafis terbaik memang masih bisa dijajal, tapi game akan terasa laggy. Kekurangan lainnya, Samsung Galaxy M53 5G belum mengusung speaker stereo.

Kendati demikian, bisa dibilang smartphone ini sudah memenuhi harapan besar kami untuk bisa bermain game dengan lancar, nyaman, dan tanpa kendala yang berarti.

VIDEO Perbandingan Samsung Galaxy M33 5G vs Galaxy M53 5G:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini