Kembali ke Uzone News Portal

icon-category Games

Turnamen Garena Free Fire Esports 2022 Dimulai dengan Format Baru

Uzone.id - Garena resmi memulai rangkaian turnamen Free Fire Esports 2022 Fall di Indonesia. Rangkaian turnamen eSports ini terdiri dari Free Fire Master League (FFML) Season VI Divisi 1 dan Free Fire Indonesia Master (FFIM) 2022 Fall.

Kompetisi Free Fire Esports 2022 Fall mempertemukan para pemain profesional dan semi profesional di Indonesia. Melalui keterangan resmi yang diterima Uzone.id pada Selasa (30/8), turnamen Free Fire mendorong lahirnya para juara dan bintang eSports yang baru dari tanah air.

“Ini akan menghadirkan level kompetisi baru yang mendorong semua tim melampaui batas kemampuan dan menjadi juara sejati,” jelas Garena.

“Dari waktu-waktu ke waktu rangkaian tournament Free Fire Esports di Indonesia terus selalu menghadirkan tantangan dan peluang baru untuk mendorong lahirnya para bintang dan juara berkelas dunia dari tanah air,” sambung publisher game tersebut.

Dibandingkan edisi sebelumnya, Turnamen Free Fire Esports 2022 Fall memiliki jumlah ronde yang lebih banyak, tepatnya menjadi 8 ronde dari sebelumnya hanya 6 ronde saja. 

Terdapat 4 maps yang akan digunakan dalam turnamen ini, yaitu Bermuda (ronde 1 dan 5), Kalahari (ronde 2 dan 6), Purgatory (ronde 3 dan 7), dan Alpine (ronde 4 dan 8). 

Selain itu, para pemain di kompetisi FFIM 2022 Fall juga akan mendapatkan penantang baru dari 12 tim dari Free Fire Master League Ladies Series yang baru saja selesai digelar.

Baca juga: Tower of Fantasy vs Genshin Impact, Mana yang Lebih Bagus?

Free Fire Master League Season VI Divisi 1

Kompetisi ini akan dilakukan dengan format liga yang mempertemukan 12 tim teratas FFML Season V Divisi 1, 3 tim teratas FFML Season V Divisi 2, dan 3 tim teratas dari Divisi Qualifier. 

Total 18 tim ini dibagi kedalam tiga grup yang terdiri dari 6 tim dan berkompetisi sepanjang 4 pekan setiap hari Jumat, Sabtu, dan Minggu sepanjang 2 September sampai 25 September 2022, dengan total 48 pertandingan untuk masing-masing tim.

Tim-tim yang bertanding bisa dibilang 'kelas berat', termasuk tiga tim bertitel juara, seperti EVOS Divine (juara FFML Season V Divisi 1), ECHO Esports (juara FFIM 2022 Spring), dan RRQ Kazu (peraih medali emas Free Fire di SEA Games 2021). 

“Memiliki status juara, masing-masing tim akan menunjukkan kemampuan terbaiknya untuk meraih titel sebagai juara tunggal di kompetisi ini,” imbuh garena.

Sedangkan 15 tim lainnya antara lain, AURA Ignite, DG Esports, Dragon Phoenix, First Raiders Eclipse, Galaxio Corvus, GPX Achiles, G Arsy Aphrodite, Island of Gods, Kings Esports, MBR Epsilon, ONIC Olympus, Rebellion Tabor, SES Alfaink, Tangcity Esports, dan VOIN Ordinary.

Seluruh tim siap mengeluarkan kemampuan terbaiknya dan memperebutkan gelar juara FFML Season VI Divisi 1 serta total prize pool senilai Rp1,2 miliar. Tak hanya itu, pemuncak klasemen di akhir kompetisi ini juga akan mengamankan kursi sebagai salah satu perwakilan Indonesia di turnamen Free Fire World Series (FFWS) yang akan datang. 

Baca juga: eFootball 2023 Dirilis, Lebih Banyak Klub dengan Data Pemain Baru

Final Week untuk menentukan siapa juara FFML 2022 Season VI Divisi 1 nantinya akan dilaksanakan pada 23 September hingga 25 September 2022

Free Fire Indonesia Master 2022 Fall

Turnamen FFIM 2022 Fall diawali dengan tahapan Online Qualifier yang bisa diikuti oleh seluruh pemain Free Fire di Indonesia. Sebanyak 93 tim teratas kemudian akan bertarung kembali dalam babak Quarter Finals bersama dengan 6 tim terbawah dari FFML Season VI Divisi 2 dan 9 tim dari FFML Ladies Series. 

Pada tahap ini, seluruh tim terbagi ke dalam 9 grup yang terdiri masing-masing dari 12 tim dalam format liga. Sebanyak 18 tim teratas dari tahap Quarter Finals kemudian akan memasuki babak Group Finals yang akan digelar pada 30 September sampai 2 Oktober 2022. 

Tim-tim tersebut akan bertemu dengan 6 tim terbawah dari FFML Season VI Divisi 1 dan peringkat 4-12 dari FFML Season VI Divisi 2. Tak hanya itu, mereka juga akan berhadapan dengan 3 tim teratas dari FFML Ladies Series. Dengan demikian, akan ada 36 tim yang berlaga di babak ini. 

Sebanyak empat tim teratas dari tahapan ini akan melenggang ke babak play-ins pada 15 Oktober 2022 dan bertemu dengan delapan tim lain dari peringkat 7-12 FFML Season VI Divisi 1 dan peringkat 1-3 FFML Season VI Divisi 2. 

Baca juga: Pendaftaran Dunia Games League 2022 Dibuka, Prize Pool Rp533 Juta!

Sebanyak tujuh tim teratas kemudian akan melaju ke babak Grand Finals pada 23 Oktober 2022 dan melawan 5 tim dari peringkat 2 hingga peringkat 6 FFML Season VI Divisi 1.

Pemenang dari babak Grand Finals akan mendapatkan gelar juara Free Fire Indonesia Master 2022 Fall dan hadiah dengan nilai total Rp800 juta. Selain itu, sang juara juga akan mendapatkan kesempatan untuk memasuki tahapan play-ins menuju turnamen FFWS yang akan datang. 

Jika berhasil melewati tahapan tersebut, maka tim tersebut akan mendampingi juara FFML Season VI Divisi 1 di turnamen internasional tersebut. 

“Rangkaian Turnamen Free Fire Esports 2022 diharapkan dapat menghadirkan kompetisi dengan intensitas level tinggi,” harap Garena.

“Ayo tonton dan ikuti setiap pertandingan Free Fire Esports 2022 dan jadilah saksi lahirnya juara Free Fire berkelas dunia dari Indonesia yang siap menunjukkan kualitasnya di panggung internasional,” tutup publisher asal Singapura tersebut.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini