Kembali ke Uzone News Portal

icon-category Games

The Last of Us, Serial Adaptasi Game Terbaik Tahun Ini?

Uzone.id - Begitu banyak serial maupun film yang diadaptasi dari game yang gagal. Namun berbeda dengan serial The Last of Us yang sudah tayang di HBO pada Minggu (15/1) lalu, yang berhasil mendulang rating tinggi.

Dari pantauan tim Uzone.id, adaptasi dari game dengan judul yang sama itu mendapatkan rating 98 persen dari Rotten Tomatoes, 9/10 dari IGN, dan 9.7 dari 10 alias nyaris sempurna dari IMDb. The Last of us sendiri memiliki total 9 episode dengan latar cerita game yang rilis pada 2013 silam.

The Last of Us memiliki latar pasca-apokaliptik, dimana wabah jamur mengubah separuh populasi dunia menjadi zombie menyeramkan. Di game atau serial ini menyebut zombie tersebut sebagai ‘clickers’.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari IMDb, karakter Joel dibintangi oleh Pedro Pascal dan Ellie diperankan oleh Bella Ramsey. Sama seperti game-nya, serial ini pun berpusat pada dua karakter ini yang pada awalnya tidak ada hubungan satu sama lain.

Baca juga: Game Baru Xbox dan PC Dipamerin di Developer Direct, Ada Apa Aja?

Jalan cerita dibuat Neil Druckman

Nama Neil Druckman tak asing lagi di telinga para penggemar game The Last of Us. Neil Druckman merupakan penulis naskah dan co-director dari game The Last of Us, bersama dengan Craig Mazin.

Keduanya berhasil membuat banyak gamer tetap mengingat dan terkesan dengan game The Last of Us, meski sudah berusia 10 tahun lamanya. Demi menciptakan serial yang berkualitas tinggi, dikutip dari Tehcrunch, Neil Druckman dan Craig Mazin pun turun tangan untuk menggarap serial The Last of Us yang ditayangkan di HBO.

Inilah yang membuat The Last of Us spesial. Tidak perlu memainkan game-nya terlebih dahulu untuk memahami jalan ceritanya, karena fokus dari serial The Last of Us juga kurang lebih sama.

Di awal, The Last of Us tidak berfokus pada baku tembak yang dramatis dengan aksi yang cenderung ‘bertele-tele’. Serial ini fokus pada hubungan antar manusia yang berusaha bertahan hidup di tengah-tengah dunia yang semakin tidak pasti setiap waktunya. 

Juga, serial ini memiliki timeline cerita yang akurat dan sesuai dengan game aslinya, termasuk easter eggs dari The Last of Us yang tersebar di seluruh episode. Jadi bagi kalian yang gak main game ini, harusnya mengerti saja jalan cerita dari serial ini.

Baca juga: Ramai Series ‘The Last of Us’, Hati-Hati Link Game Palsu!

Latar cerita berlangsung tahun 2023

Akan tetapi, ada beberapa perbedaan pada serial film ini ketimbang game The Last of Us. Misalnya, saat latar belakang game terjadi pada tahun 2033, serial film malah diatur pada tahun 2023. 

Craig Mazin kepada CNET membeberkan alasannya. Menurutnya, perubahan ini disengaja agar memberikan kesan bahwa kejadian di The Last of Us sedang terjadi di dunia nyata. 

“Hei, lihat, di alam semesta paralel ini, ini terjadi sekarang,” katanya.

Namun sisanya, kurang lebih sama. Di episode pertama, diperlihatkan kilas balik dari tahun 2003 ketika wabah ini pertama kali terjadi. Juga, diperlihatkan adegan tentang hubungan ayah dan anak antara Joel dan Sarah (yang diperankan oleh Nico parker), yang dilanjutkan oleh peristiwa yang lumayan menyayat hati.

Kemudian selanjutnya, melompat ke tahun 2023, ketika Joel menjelma sebagai penyelundup di zona karantina yang dijaga oleh tentara FEDRA atau Federal Disaster Response Agency.

Baca juga: Periskop 2023: Market Game Mobile Makin Besar, PS5 Pro Bakal Rilis

Sementara Ellie, karakter utama lainnya yang kebal terhadap wabah jamur, sedang ditawan oleh kelompok oposisi bernama The Fireflies. Kelompok ini dipimpin oleh Marlene (yang diperankan Merle Dandridge) yang ingin memberontak dan melawan penindasan militer.

Inti dari The Last of Us sama persis seperti game-nya, yakni fokus pada hubungan antara Joel dan Ellie, di tengah-tengah perbedaan pandangan mereka tentang dunia, bertahan hidup, dan tentu saja melawan zombie-zombie menyeramkan akibat wabah.

Adapun karakter lainnya mungkin akan dihadirkan dalam serial ini, tentu bakal mirip juga dengan game The Last of Us yang kita kenal. Ada Frank (Murray Bartlett, Bill (Nick Offerman), Kathleen (Melanie Lynskey), Florence (Elaine Miles), Riley (Storm Reid), Perry (Jeffrey Pierce), dan Herny (Lamar Johnson).

Beli voucher games yang mudah dan murah di uzone store

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini