Kembali ke Uzone News Portal

icon-category Games

Tower of Fantasy vs Genshin Impact, Mana yang Lebih Bagus?

Uzone.id - Banyak gamer yang mengomentari Tower of Fantasy ketika pertama kali dirilis. Kebanyakan, mereka menyebut bahwa tampilan visual dari game besutan Hotta Studio ini mirip Genshin Impact, game dari HoYoverse.

Keduanya juga mengusung konsep gameplay yang mirip, yakni open world dengan map yang luas. Apalagi, grafis dari Tower of Fantasy dan Genshin Impact juga sudah masuk ke kategori ‘game AAA’.

Mungkin perbedaan ‘kosmetik’ yang langsung terasa oleh para pemain antara Tower of Fantasy dan Genshin Impact adalah tema yang diusung. Tower of Fantasy memiliki latar belakang fiksi ilmiah atau sci-fi masa depan, sementara Genshin Impact kental dengan dunia tradisional dan penuh dengan kekuatan magis.

Pertanyaannya, mana yang lebih baik dan bagus di antara Tower of Fantasy dan Genshin Impact? Kali ini tim Uzone.id akan mengulas kedua game yang juga sama-sama dapat dimainkan di platform smartphone Android, iOS, PC sampai konsol.

Baca juga: 5 Game Battle Royale Terbaik di Android, Alternatif PUBG Mobile

Genre yang diusung

Pilihan server di Tower of Fantasy

Baik Tower of Fantasy dan Genshin Impact sebenarnya mengusung genre yang berbeda, uZoners. Dikutip dari Exputer, Tower of Fantasy masuk ke dalam genre MMORPG atau Massively Multiplayer Role Playing Game.

Jelas, alasannya karena pemain dapat memilih server sekaligus melihat beban atau batas dari server yang ada. Sesuai nama genre-nya, game ini mendukung multiplayer untuk bertualang bersama-sama dalam satu party.

Sementara Genshin Impact adalah RPG, di mana pemain dapat menjelajahi dunia terbuka dan dipengaruhi oleh berbagai pencarian cerita dan dialog dengan NPC. Game ini mendukung multiplayer, tapi di Adventure Rank dan tidak berpengaruh pada jalannya cerita.

Pilihan server di Genshin Impact

Tapi harus diakui, kedua game menawarkan aksi yang menegangkan dengan jalan cerita yang asyik untuk diikuti. Keduanya juga mengusung gameplay dengan estetika anime dan juga sistem gacha dan pembelian di dalam game.

Baca juga: 5 Game Multiplayer Terbaik di Android, Dijamin Seru!

Pembuatan karakter

Pembuatan karakter di Tower of Fantasy

Bagaimanapun, kustomisasi karakter yang ditawarkan kepada gamer sungguh berbeda. Tower of Fantasy membebaskan pemainnya untuk membuat karakter mereka sesuai keinginan.

Pada intro atau pembuka game, gamer diminta untuk memilih karakter antara wanita atau pria. Setelah mengikuti cerita beberapa saat, mereka pun diminta untuk mempersonalisasi karakter sesuai keinginan.

Kalau malas mengatur tampilan karakter, Tower of Fantasy menyediakan preset yang bisa dipilih. Tapi kami sarankan sih untuk menyesuaikan saja dengan keinginan kalian.

Mudah kok, mulai dari pakaian, model rambut, bentuk wajah dan ornamennya, dan sebagainya. Fisik tubuh, tinggi dan bentuk wajah juga bisa diatur oleh kalian sebagai pemain.

Di Tower of Fantasy, karakter bisa berganti-ganti jenis senjata, seperti pedang, senapan, busur panah, tombak dan sebagainya. Pemain juga dapat memilih tiga senjata utama yang dipakai untuk bertarung.

Tak ada kustomisasi karakter di Genshin Impact

Di sisi lain, Genshin Impact lumayan membatasi kustomisasi karakter. Pemain bisa memilih jenis kelamin karakter, tapi tidak bisa mengubah penampilannya. Sementara untuk tampilannya, gamer disuguhkan pilihan skin yang berbeda-beda setiap season-nya.

Baca juga: Daftar Mod Game Stray, Bisa Ubah Kucing jadi Garfield

Sistem gacha

Sistem gacha di Genshin Impact

Untuk player yang gemar spend uang untuk peningkatan karakter, Genshin Impact jadi tempat yang pas. Di game ini, pemain bisa gacha skin karakter dan juga senjata.

Di game ini, makin tinggi bintang yang didapat maka makin langka karakter atau senjata yang diraih. Umumnya, bintang empat atau lima sudah lebih dari cukup untuk menaikkan status karakter yang dimainkan.

Sementara Tower of Fantasy, mengingat karakter bisa disesuaikan dengan mudah, maka fokus utama gacha di game ini adalah senjatanya. Senjata tipe SSR menjadi yang terbaik di permainan ini, walau senjata model SR pun sudah lebih dari cukup.

Sistem gacha di Tower of Fantasy

Tapi ingat, makin tinggi statusnya maka kian sulit untuk mendapatkannya. Semakin sulit mendapatkannya, maka semakin besar juga uang yang harus kalian keluarkan.

Baca juga: 5 Cara Biar Menang di Game 'Stumble Guys'

Tipe senjata

Senjata di Tower of Fantasy mencapai tiga jenis untuk satu karakter

Genshin Impact sesungguhnya mempunyai sistem pertarungan yang sederhana. Pada dasarnya ada lima serangan dengan animasi yang berbeda-beda dengan hanya satu senjata saja yang digunakan. 

Tersedia juga serangan dengan damage tinggi dengan menahan tombol attack atau serangan melompat dari ketinggian tertentu.

Sementara di Tower of Fantasy, karakter pemain memiliki tiga senjata dengan 3 sampai 5 serangan normal, serangan dengan damage besar, serta kemampuan untuk melepaskan serangan udara.

Sudah pasti, ada weapon skill untuk menambah damage yang dihasilkan kepada musuh. Menariknya, karakter bisa menghindar dari serangan musuh dan melakukan serbuan balasan dengan skill tertentu.

Perbedaan signifikan di antara keduanya, Genshin Impact lebih menekankan pada reaksi berbagai elemen. Ada 6 elemen, yakni Dendro, Pyro, Cryo, Electro, Hydro dan Geo.

Senjata di Genshin Impact menekankan pada reaksi elemen

Masing-masing elemen memiliki reaksi dan efek serangan berbeda apabila digunakan terhadap elemen lainnya saat melawan musuh.

Sementara Tower of Fantasy, lebih fokus pada fitur dan jenis senjata yang digunakan. Jenis senjata sangat berpengaruh pada damage yang dihasilkan, walau tetap ada sejumlah elemen yang digunakan.

Baca juga: 20 Game PC Terbaik di Steam Tahun 2022

Mode multiplayer

Mode multiplayer di Tower of Fantasy

Inilah keunggulan telak dari Tower of Fantasy dari Genshin Impact. Game ini membebaskan para pemainnya untuk bekerja sama dengan player lain di server yang sama secara langsung.

Pemain bisa membentuk guild dan masuk ke dungeon untuk berburu bos. Pemain juga dapat membuat party untuk menyelesaikan tugas harian dan mingguan bersama.

Beda jauh dengan Genshin Impact yang berfokus pada pemain tunggal saja dan interaksinya dengan NPC atau monster yang ada. Pemain benar-benar harus sendirian di sebagian besar permainan.

Kendati begitu, tetap ada mode multiplayer walau kemampuannya terbatas. Mode ini hanya bisa ditemui di beberapa fitur saja, seperti melawan monster atau bos tertentu misalnya.

Baca juga: 5 Tempat Ngegame Favorit Gamer Indonesia

Eksplorasi map

Map di Genshin Impact

Keduanya sama-sama mengusung konsep game open world yang membuat pemain bisa bepergian kemanapun dari satu area ke area lainnya. Ditambah, keduanya pun menyuguhkan grafis yang indah dan berkualitas tinggi.

Perbedaan dari keduanya terletak pada moda transportasi, di mana Genshin Impact menggunakan teleportasi yang tersebar di seluruh map. Pemain juga bisa menggunakan glider untuk melompat dari ketinggian atau meluncur ke suatu lokasi.

Map di Tower of Fantasy

Tower of Fantasy juga mengandalkan teleportasi yang dikenal sebagai Spacerifts yang tersebar di banyak titik. Adapun untuk transportasi lainnya, pemain bisa menggunakan sepeda motor, jetboard hingga jetpack.

Baca juga: 6 Cara Cek Aplikasi dan Game Palsu di Android

Lebih baik mana?

Pertama, Tower of Fantasy dengan Genshin Impact adalah dua game yang berbeda, baik dari genre, gameplay, tema, bahkan sampai fitur-fiturnya. Kendati begitu, keduanya sama-sama menampilkan permainan ala open world dengan map yang super luas.

MMORPG vs RPG, yup inilah kelebihan utama dari Tower of Fantasy. Bertemu pemain secara online dan langsung jadi keunggulan tersendiri dari game ini ketimbang Genshin Impact. Namun berbicara soal grafis, kami rasa Genshin Impact lebih unggul.

Pergerakan karakternya lebih mulus, interaksi dengan NPC pun terlihat lebih berkualitas dari Tower of Fantasy. Mungkin game baru ini akan mendapatkan pembaruan ke depannya untuk bisa ‘mendekati’ atau bahkan mengalahkan grafis Genshin Impact.

Mengenai sistem gacha, Tower of Fantasy juga kami rasa lebih oke buat orang yang enggan terlalu banyak spend uang. Apalagi, karakter sendiri sudah bisa diatur langsung tanpa harus mengandalkan gacha skin karakter.

Tower of Fantasy pun terasa lebih dinamis dalam hal pemilihan senjata. Tiga senjata berbanding satu senjata yang terus melekat pada Genshin Impact. Jenis senjata di Tower of Fantasy juga berpengaruh pada serangan, beda dengan Genshin yang mementingkan reaksi elemen.

Subjektif sih, Tower of Fantasy unggul dalam beberapa hal ketimbang Genshin Impact, khususnya pada konsep multiplayer. Namun balik lagi, semuanya tergantung kepada selera dan minat pemainnya.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini