Kembali ke Uzone News Portal

icon-category Games

Malaysia, UEA & Bangladesh Lolos ke World Esports Championship 2022 MLBB

Uzone.id - Kualifikasi 14th World Esports Championship di regional Asia untuk kategori Mobile Legends: Bang Bang telah sampai ke babak final. Kualifikasi akhir ini diwarnai pertarungan seru antar tim di tiap regional, yaitu Asia Selatan, Asia Barat dan Asia Tenggara.

Pertandingan yang digelar pada Minggu (18/9) ini disiarkan langsung melalui kanal YouTube resmi Garudaku Esi dan dibawakan oleh caster Velajave, Lius, dan Arashi.

Di region Asia Selatan, Bangladesh dipertemukan dengan Bhutan dengan format pertandingan Best of 5 (BO5). Pertandingan yang berlangsung begitu intens itu dimenangkan Bangladesh di match pertama dengan skor kill 14-9.

Pada match kedua, kekuatan kedua negara cukup imbang, saling serang turret terjadi selama jalannya pertandingan. Namun Bangladesh memenangkan war dengan skor 18-13 dan mengakhiri pertandingan pada menit ke-13. 

Match ketiga menjadi momen kebangkitan Bhutan. Setelah menerima dua kekalahan beruntun, Bhutan menjawab dengan kemenangan berkat pick Wanwan dan Franco yang bebas dari ban oleh Bangladesh. 

Iron hook penting dari Franco mempermudah tugas Wanwan dengan bantuan hero-hero lainnya. Pertandingan match ketiga berakhir di menit ke-16 dengan skor 15-12 untuk kemenangan Bhutan.  

Baca juga: Ketum PBESI Budi Gunawan Raih Penghargaan dari Kemenpora

Match keempat makin sengit. Pertandingan selama 13 menit masih diungguli oleh Bangladesh, namun Bhutan tidak menyerah begitu saja. 

Momen comeback dimulai pada menit ke-14, Bhutan mulai menguasai pertandingan dengan memenangkan war-war penting beberapa kali, hingga memenangkan pertandingan dengan skor 27-20.

Match kelima menjadi penentuan babak final regional Asia Selatan. Bangladesh dengan pick andalannya Masha dan Clint membuat Bhutan kewalahan sepanjang permainan. 

Pertandingan dikuasai oleh Bangladesh sejak awal dan akhirnya harus membuat Bhutan mengakui kekuatan Bangladesh dengan skor akhir 3-2 untuk kemenangan Bangladesh, sekaligus membawanya sebagai perwakilan Asia Selatan di 14th World Esports Championship.

Uni Emirat Arab Wakili Asia Barat

Babak final di Asia Barat mempertemukan Uni Emirat Arab melawan Suriah. Match pertama, UEA mendominasi berkat pick Popol dan Kupa yang menyulitkan tim Suriah.

Tim Mobile Legends Uni Emirat Arab pun berhasil memenangkan match pertama dengan skor 11-25.

Di match kedua, Uni Emirat Arab semakin bermain agresif. Mereka dengan cerdik melakukan split push dan tetap mempertahankan seluruh turret mereka tetap berdiri hingga pertandingan berakhir. 

Suriah harus mengakui kekalahan di match kedua pada menit ke-20 dengan skor kill 26-5.

Match ketiga berlangsung cukup cepat, dan jadi momen comeback tim Suriah. Pada menit awal, Suriah dapat menguasai pertandingan dengan gank-gank ciamik yang mereka lakukan. 

Pick Franco menjadi jagoan mereka untuk melakukan ganking kepada Uni Emirat Arab. Suriah memenangkan match ketiga pada menit ke-10 dengan skor kill 23-4.

Match terakhir babak final regional Asia Barat, Uni Emirat Arab kembali mendominasi pertandingan sejak menit awal. Pada menit ke-5, tim UEA mendapatkan 12 kill tanpa terbunuh satu kali pun. 

Baca juga: 5 Hero Mobile Legends Tercantik yang Bikin Gamer Terpikat

Hal ini cukup merepotkan Suriah yang harus bermain defensif dan menunggu momen untuk mendapatkan kill. Kombinasi Valentina, Dyroth, Beatrix, Paquito, dan Atlas membuat Suriah harus bertarung di bawah turret berkali-kali. 

Sampai akhir pertandingan, Suriah hanya mampu mendapatkan 3 kill, sedangkan Uni Emirat Arab sudah mendapatkan 27 kill.

Meskipun berjalan alot hingga 20 menit lebih, Suriah akhirnya harus tunduk pada Uni Emirat Arab pada menit ke-25 dengan skor kill akhir 30-3. Uni Emirat Arab pun melaju ke puncak grup dan menjadi perwakilan regional Asia Barat. 

Malaysia dominan di final Asia Tenggara

Babak final di Asia Tenggara mempertemukan Myanmar dan Malaysia. Dari menit pertama sampai menit ke-10, Myanmar menguasai pertandingan sampai dengan akhirnya Malaysia mendapatkan momen untuk mengembalikan keadaan dengan berhasil mencuri lord. 

Pada menit ke-16, Malaysia berhasil mengembalikan keadaan dan menguasai lord yang telah diperkuat. Momen ini sekaligus mengakhiri game pertama dengan kemenangan Malaysia. 

Pada match kedua, Malaysia bermain agresif dari menit awal dengan Chou sebagai Roamer berhasil mengganggu pola permainan Myanmar. Alhasil, pada menit ke-19, lord yang sudah diperkuat berhasil dijinakkan oleh Malaysia dan menghasilkan kemenangan kedua untuk Malaysia. 

Memasuki match ketiga, tim Mobile Legends Malaysia menerapkan strategi yang unik. Irithel yang biasanya berada di goldlane, justru mengisi midlaner. 

Baca juga: Daftar Hero Terkuat Mobile Legends di Tiap Class

Strategi ini nampaknya berjalan dengan bagus. Irithel berhasil mendapatkan 2 kali Maniac pada menit ke-5 dan menit ke-10 tepat sebelum Malaysia mengakhiri pertandingan.

Pertandingan babak final akhirnya selesai dengan skor 3-0 untuk kemenangan Malaysia.

Dengan seluruh hasil ini, negara-negara yang mewakilkan masing-masing kawasan antara lain Bangladesh mewakili Asia Selatan, Uni Emirat Arab mewakili Asia Barat, Malaysia mewakili Asia Tenggara, dan Uzbekistan mewakili Asia Tengah.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini